| A.S. Laksana | 2 April 2018 HIPNOSIS adalah teknik untuk mengubah kesadaran atau menanamkan kesadaran baru ketika orang dalam keadaa...

5 Manfaat Hipnosis

8:30 AM A.S. Laksana 0 Comments

| A.S. Laksana | 2 April 2018



HIPNOSIS adalah teknik untuk mengubah kesadaran atau menanamkan kesadaran baru ketika orang dalam keadaan trance. Jika anda mampu dan memiliki keuletan untuk mensugesti diri sendiri, anda tidak memerlukan bantuan seorang hipnotis.

Anda memfokuskan pikiran pada tujuan yang anda tetapkan. Jika tujuan itu cukup berharga untuk dicapai, anda perlu memberikan seratus persen fokus anda untuk mencapainya.

Tetapi kebanyakan orang tidak memiliki keuletan untuk menjalankannya sendiri. Pikiran mudah terdistraksi, kesadaran mudah dibelokkan, atau kecemasan mudah menyusup. Akibatnya, kita mudah kehilangan fokus terhadap tujuan kita.

Kita mendapatkan manfaat besar dengan hipnosis, karena dalam keadaan hipnotik, kita menjadi lebih terbuka terhadap sugesti. Dalam kondisi trance, pikiran sadar yang cenderung kritis dan suka mencari alasan dan gemar membantah dilumpuhkan lebih dulu. Lumpuhnya pikiran sadar membuat sugesti bisa ditanamkan langsung ke level bawah sadar. Bawah sadar manusia memiliki sifat kreatif. Ia hanya menjalankan sugesti dan mewujudkannya dalam tindakan-tindakan sesuai sugesti yang diterima.

Sifat kreatif ini memungkinkan berlangsungnya pembelajaran di level bawah sadar, dan pembelajaran di level bawah sadar berlangsung efektif karena tidak ada campur tangan pikiran sadar yang cenderung kritis, suka membantah, namun mudah kelelahan dan gampang frustrasi.

1. Hipnosis bisa meningkatkan konsentrasi anda dan menjadikan anda lebih mudah fokus.

Jika anda tidak mampu fokus, hipnosis bisa membantu anda memperbaiki kemampuan anda dengan latihan-latihan bawah sadar (latihan dalam keadaan trance) untuk memberi perhatian pada objek spesifik. Proses semacam ini akan bekerja sempurna ketika otak manusia dalam keadaan rileks dan tidak banyak yang dipikirkan.

2. Hipnosis bisa membantu anda menyingkirkan kecanduan.

Jika seseorang memiliki kemauan kuat untuk mengatasi kecanduannya, ia bisa melakukan otohipnosis—mensugesti diri sendiri setiap hari, sepanjang waktu, sampai ia bebas dari kecanduan. Jika ia tidak memiliki ketekunan dan keuletan untuk melakukannya sendiri, hipnoterapis profesional bisa membantunya dalam sesi hipnoterapi dan menginstruksikan apa saja yang setiap hari harus ia lakukan.

3. Hipnosis bisa membantu anda mengatasi kecemasan, panik, dan fobia.

Masalah-masalah di atas muncul karena pemikaran-pemikiran tertentu yang tertanam di dalam benak dan orang tidak mampu mengendalikannya. Untuk memperbaiki kondisi mental seserorang, pikiran perlu diistirahatkan lebih dulu. Pelatihan-pelatihan bawah sadar (trance) akan mempermudah orang mengubah cara berpikirnya, atau me-reframe pandangan dunia yang memberinya kecemasan, panik dan fobia.

4. Hipnosis bisa membantu anda meningkatkan performa dan memperbaiki kepercayaan diri.

Tubuh bertindak menjalankan apa yang diperintahkan oleh pikiran. Tubuh juga merespons keyakinan tertentu yang tersimpan di dalam pikiran. Dalam hipnosis, anda bisa menetapkan tujuan dan menanamkan keyakinan yang menjadikan anda ulet dan tangguh untuk meraih tujuan yang ingin anda wujudkan. Ketika kita menjadi terbuka terhadap sugesti, pembelajaran untuk mengembangkan kepribadian yang lebih positif akan berlangsung lebih mudah.

5. Hipnosis bisa membantu mempercepat kesembuhan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan medis.

Perawatan medis bisa diperkuat efek penyembuhannya dengan bantuan hipnosis. Pasien menjadi rileks dan dalam kondisi terbuka untuk mengikuti instruksi yang disarankan oleh dokter. Panik juga berkurang dalam kasus-kasus serius. 

Catatan:
Seperti semua kecakapan lainnya, tingkat keberhasilan hipnosis untuk terapi sangat ditentukan oleh kemahiran hipnotis dalam menangani subjeknya, pengalaman keberhasilannya dalam melakukan terapi, dan tingkat pemahamannya terhadap hipnosis dan kondisi subjek.

0 comments: